Plaza 51, Jl. Bintaro Utama 3A No.15, Pd. Karya, Kec. Pd. Aren, Kota Tangerang Selatan, Banten 15225

  +62 877 9797 9898  admin@aruna-teknologi.com

3D Laser Scanner untuk Inspeksi Tanki

Pemanfaatan teknologi 3D Laser Scanner untuk inspeksi tanki, 3D Laser Scan menyediakan teknologi untuk dengan cepat menangkap informasi posisi dengan akurast dan tingkat kepadatan tinggi dan dapat digunakan untuk mengevaluasi kondisi tanki masih layak digunakan atau tidak.

Kenapa menggunakan 3D Laser Scanner?

    1. Memberikan visualisasikan seluruh struktur tanki secara 3D.
    2. Mengurangi resiko HSE dengan mengurangi frekuensi kunjungan ke lapangan.
    3. Waktu pengambilan data secara cepat dengan hasil yang akurat (ketelitian hingga satu milimeter).
    4. Memungkinkan pengukuran dimensi secara virtual. Pengukuran panjang, lebar, luas, diameter serta volume tanki dapat langsung dilakukan di software tanpa perlu melakukan perngukuran langsung di lapangan.
    5. Memberikan laporan analisa tanki berupa cacat atau deformasi pada tanki sehingga dapat menjadi salah satu parameter kelayakan untuk menghindari terjadinya kebocoran dan kerusakan pada tanki.
    6. Analisis yang lebih rinci tentang kebulatan dan kemiringan tangki dapat diperoleh dengan cepat.

Leica RTC 360 3D Laser Scanner

Alat yang kami gunakan merupakan Leica RTC 360 dengan cakupan scanning 360 derajat sejauh 130 meter dengan ketelitian satu millimeter. Proses pengambilan data akan menembakan laser sebanyak dua juta poin per detik dan waktu pengambilan data itu sendiri kurang dari dua menit yang telah dilengkapi dengan fitur auto level sehingga proses pengambilan data lebih cepat dan akurat. Untuk mendownload spesifikasi alat Leica RTC 360 dapat klik disini.

Leica RTC 360 3D Laser Scanner

                                                                                            Leica RTC 360 3D Laser Scanner

Inspeksi tanki menggunakan teknologi laser scan mendapatkan hasil berupa pointcloud yang akan diolah menggunakan software 3DR for tank edition untuk mengetahui kondisi kelayakan tanki berdasarkan standar API 653. Informasi yang didapat berupa roundness, verticality, plumbness, dan volume dari tanki tersebut. Hasilnya akan otomatis dibuat dalam bentuk laporan yang nantinya dapat kita jadikan acuan kelayakan tanki tersebut.

Cara Kerja

Berikut ini adalah tahapan dari pengambilan data hingga analisa kelayakan tanki.

  1. Pengambilan Data

Proses pengambilan data di lapangan harus mampu mendapat seluruh bagian dari tanki, sehingga akan memudahkan dalam pembentukan model tiga dimensi pada pengambilan data alat harus mencakup seluruh sisi tanki sehingga menghindari adanya bagian yang tidak terdeteksi sehingga tanki dapat dianalisis secara menyeluruh dan akurat.

       2. Penggabungan Data

Proses berikutnya adalah pengabungan data dari hasil pengambilan data di lapangan. Proses penggabungan ini akan menghasilkan 3D pointcloud dari tanki.

       3. Pembersihan Data

Setelah penggabungan data selesai maka data tersebut akan dibersihkan dari objek-objek diluar target yang akan di modelkan. Tahap ini dilakukan agar pada saat proses pemodelan tiga dimensi lebih akurat.

       4. Pemodelan Data

Setelah pointcloud dibersihkan dari objek yang tidak diperlukan, maka proses selanjutnya adalah membuat model permukaan tangki. Model permukaan ini yang akan membentuk tanki seperti keadaan sebenarnya. Bentuk tanki yang seperti aslinya (as is) akan digunakan sebagai dasar pada tahap analisa tanki. Permukaan yang terlihat secara visual (pandangan mata) seringkali berbeda dengan yang didapatkan dari hasil pemodelan data. Lekukan-lekukan kecil tidak akan terlihat oleh mata manusia. Bahkan dalam gambar hasil pemodelan data, mata kita seringkali tidak menemukan lekukan yang terjadi oleh berbagai sebab. Untuk itulah analisis perlu dilakukan.

      5. Analisa Data

Setelah dilakukannya pemodelan data, maka proses 3D analisis dapat dilakukan terhadap permukaan tanki. Analisa ini akan membentuk warna berbeda bagi setiap permukaan. Tentu saja harus ada rujukan yang pasti sehingga permukaan yang melengkung dapat teridentifikasi. Permukaan pada tanki dapat terlihat terjadi lengkungan ke dalam maupun lengkungan ke luar. Perbedaan warna dari permukaan menunjukkan kelengkungan permukaan yang dianalisa.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PT Aruna Karya Teknologi Nusantara is a strategic industry leaders in the areas of 3D Laser Scanning and leading in Engineering Services such as 2D & 3D modelling, Data conversion Simulation Engineering), Reverse Engineering, and Engineering Asset and Data Management

Our Services

Contact Us

© 2023-2024 PT. Aruna Karya Teknologi РAll rights reserved. | Developed by Digisraya.com