Plaza 51, Jl. Bintaro Utama 3A No.15, Pd. Karya, Kec. Pd. Aren, Kota Tangerang Selatan, Banten 15225

  +62 877 9797 9898  admin@aruna-teknologi.com

3D Laser scan dan Asset integrity Management systems (AIMS)

Permasalahan:

Saat ini permasalahan mendasar dalam manajemen kilang minyak terutama adalah disebabkan oleh kurangnya atau tidak adanya informasi valid yang terintegrasi dalam bentuk data, technical drawing, atau dokumen yang masuk selama adanya aktivitas pada kilang itu sendiri.

Pengelolaan data asset dalam bentuk AIMS Menggunakan 3D Laser scanner belum banyak di terapkan di industri minyak dan gas. Pemetaan asset Sebagian besar masih mengandalkan dokumen fisik yang relatif sulit untuk ditemukan. Kurangnya data dan dokumen as-built akan menjadi kendala bagi project-project yang akan datang terkait fasilitas yang ada.

Solusi :

3D Laser scan dan Asset Integrity Management Systems (AIMS) sebagai Solusi untuk melakukan validasi asbuilt dokumen / drawing engineering terhadap actual kondisi di lapangan, memetakan dokumen ke dalam portal yang dapat diakses oleh operator secara mudah, cepat dan efektif.

Manfaat :

Kebutuhan informasi data aset sangat berpengaruh pada setiap perbaikan yang dilakukan di kilang untuk perombakan, pembongkaran, dan kebutuhan instalasi membutuhkan informasi terkait aset. Dengan 3D Laser scanner dan AIMS (Asset Integrated Management Systems) kita akan mendapatkan database kilang untuk kebutuhan pemodelan 3D, Memetakan data asset di dalam kilang dan mengintegrasikan dokumen baik engineering maupun non engineering ke dalam sistem data asset management beserta tampilan panoramic photo dari laser scanner.

Semua informasi ini terhubung dan tersedia bagi personel fasilitas Anda melalui portal web yang intuitif. Mencari informasi menjadi cepat dan sederhana, dengan informasi yang tepat untuk personel yang tepat pada waktu yang tepat maka operator akan dapat membuat keputusan yang lebih baik, menjaga fasilitas di dalam kilang berjalan dengan lancar, efisien, dan aman.

Tahapan Pekerjaan:

Tahap pertama yang dilakukan di lapangan adalah meletakkan kertas target scan di posisi tertentu sebagai penandaan titik scan di lapangan dan memastikan seluruh aset penting tercapture oleh posisi alat. Proses selanjutnya adalah penempatan alat 3D Laser scanner sesuai titik yang ditentukan sebelumnya, penambahan titik scan juga diperlukan ketika operator merasa jika titik yang sudah ditentukan tidak dapat menjangkau seluruh bagian asset.

Dengan total luasan tiga area pada kilang PT Pertamina RU IV Cilacap yaitu sekitar 20 Hektar tim laser scanner memperoleh hasil sebanyak 5.475 titik scan di lapangan. Titik scan ini kemudian diolah menjadi data 3D pointcloud (digital twin) sebagai database kilang dan panoramic foto untuk di integrasikan kedalam software AIMS Heagon SDx.

Paralel dengan pekerjaan laser scan, tim juga melakukan proses loading berbagai jenis dokumen engineering ke dalam software AIMs, dimana software tersebut juga memproses informasi tag number yang ada pada dokumen sehingga akan terbentuk infomap atau jejaring informasi antar dokumen yang berpedoman pada tag number tersebut. salah satunya adalah hasil panoramic photo dari 3D Laser scanner dari aset yang diinginkan.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PT Aruna Karya Teknologi Nusantara is a strategic industry leaders in the areas of 3D Laser Scanning and leading in Engineering Services such as 2D & 3D modelling, Data conversion Simulation Engineering), Reverse Engineering, and Engineering Asset and Data Management

Our Services

Contact Us

© 2023-2024 PT. Aruna Karya Teknologi РAll rights reserved. | Developed by Digisraya.com